Islam Didirikan Atas 5 Perkara


" السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ "

عَنْ اَبِيْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَبْدِ اللّهِ بْنِ عُمَرَ بْنِ الْخَطّابِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللَّهِ صَلَّي اللَّهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ : بُنِيَ الْاِسْلَامُ عَلَي خَمْسٍ : شَهَادَةِ اَنْ لَا اِلَهَ اِلّا اللّهُ وَ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللَّهِ وَ اِقَامِ الصّلَاةِ وَ اِيْتَاءِ الزَّكَاةِ وَ حَجِّ الْبَيْتِ وَ صَوْمِ رَمَضانَ (رواه البخاري و مسلم

Dari Abu Abdirrohman Abdulloh bin Umar bin Khoththob rodhiyallohu ‘anhuma, dia berkata “Aku pernah mendengar Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam bersabda: "Islam itu dibangun di atas lima perkara, yaitu: Bersaksi tiada tuhan kecuali Allah dan sesungguhnya Muhammad adalah utusan Allah, menegakkan sholat, membayar zakat, berhaji ke baitillah, dan berpuasa pada bulan Romadhon.”(HR.Bukhori dan Muslim)

Penjelasan

   Berdasarkan hadits tersebut bahwasanya ditunjukan bahwa islam didirikan atas 5 perkara. Hal tersebut menjelaskan mengenai betapa pentingnya 5 perkara tersebut. Bagaikan sebuah bangunan, agar bangunan tersebut dapat berdiri tegak maka diperlukan tiang-tiang yang mendirikanya. Dan bila tiang-tiang itu lemah maka yang terjadi ialah bangunan itu akan roboh. Tiang-tiang itulah perumpamaan dari 5 perkara tersebut. Bila 5 perkara itu tidak dilaksanakan dan dijaga baik oleh kaum muslimin maka yang terjadi ialah robohnya islam.


Adapun 5 perkara tersebut ialah :
  • Bersaksi tiada tuhan kecuali Allah dan sesungguhnya Muhammad adalah utusan Allah
  • Menegakkan sholat
  • Membayar zakat
  • Berhaji ke baitillah
  • Berpuasa pada bulan Romadhon
Penjelasan mengenai 5 perkara tersebut :

  • Bersaksi tiada tuhan kecuali Allah dan sesungguhnya Muhammad adalah utusan Allah

   Mengucapkan kalimat syahadat merupakan poin yang sangatlah penting dalam membangun islam. Hal ini dikarenakan dengan seorang muslim mengucapkan syahadat dapat diartikan ia telah berikrar bahwasanya kita bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan Muhammad utusan Allah. Dan dengan ikrarnya itu hendaknya seorang muslim harus mempertanggung jawabkan ikrarnya dengan membangun islam.
  • Menegakkan sholat

 Mendirikan shalat merupakan perkara yang penting setelah 2 kalimat syahadat. Bahwasanya Rasulullah pernah bersabda mengenai menegakkan shalat

"barang siapa menegakkan shalat maka ia telah menegakkan agamanya dan barang siapa meninggalkan shalat berarti ia meruntuhkan agamanya"

   Dikarenakan disiplin waktu sangatlah penting bagi manusia dalam menjalani kehidupanya. Dan menjalankan shalat tepat pada waktunya maka secara tidak langsung kita sedang belajar disiplin waktu.
  • Membayar zakat

   Zakat merupakan perkara yang wajib dilakukan oleh setiap muslim. Hal ini dikarenakan membayar zakat dapat melatih rasa sosialis, dermawan, ikhlas, dan lainya. Dengan itulah Allah secara tidak langsung sedang melatih kita dengan perintah membayar zakat. Sikap-sikap muslim yang seperti itulah  yang dibutuhkan untuk membangun islam.

  • Berhaji ke baitillah

   Ibadah haji merupakan ibadah materi dan fisik. Allah SWT mewajibkan ibadah haji ini hanya untuk sesekali dalam seumur hidup. Adapun keutamaan berhaji seperti yang dijelaskan oleh Rasulullah :

مَنْ حَجَّ هَذَا الْبَيْتَ فَلَمْ يَرْفُثْ وَ لَمْ يَفسُقْ رَجَعَ كَيَوْمِ وَلَدَتْهُ اُمُّهُ


"Barangsiapa yang berhaji menuju Baitullaah ini, tidak melakukan rafats (jima, dan hal-hal yang menuju ke sana) dan tidak berbuat fasiq, maka dia pulang seperti bayi yang baru dilahirkan dari rahim ibunya." (HR. Bukhari 1820 dan Muslim 1350)

الْعُمْرَةُ الَي الْعُمْرَةِ كَفَّارَةٌ لِمَا بَيْنَهُمَا وَ الْحَجُّ الْمَبْرُوْرُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ اِلّا الْجَنَّةُ

"Umrah yang satu ke umrah yang lainnya merupakan kaffarah (penghapus) bagi dosa yang ada diantara keduanya. Dan hajji yang mabrur tidak ada balasan baginya kecuali surga." 
(HR. Muslim no. 1349)


  • Berpuasa pada bulan Romadhon

   Puasa Ramadhan merupakan salah satu ibadah fisik. Dimana seorang muslim harus menahan dari yang membatalkan puasa mulai dari terbitnya fajar samapai dengan tenggelamnya fajar. Sebagaimana yang telah dijelaskan pada Al Quran Surat Al Baqarah 183.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

   Dengan berpuasa maka dapat melatih diri kita untuk bersabar, merasakan bagaimana orang miskin yang tidak makan dan minum, serta melatih kepedulian kita.

Alhamdulillah, Demikian "Islam Didirikan Atas 5 Perkara". Semoga dengan ini keimanan kita sebagai seorang muslim terus bertambah pada Allah. Aaamiiin.
Mohon maaf apabila terdapat kesalahan maupun tutur kata yang tidak pas.


" وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ "

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »