Hal-Hal Yang Paling Banyak Memasukan Manusia ke Surga dan Neraka


" السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ "



   Hal-hal yang paling banyak memasukan manusia ke surga dan neraka sebelumnya telah dijelaskan dengan jelas dalam salah satu hadits dari Rasulullah SAW.


Dari Abu Hurairah RA berkata : Rasulullah SAW pernah ditanya mengenai hal apa saja yang banyak memasukan manusia ke surga, maka rasulullah berkata "Bertakwa pada Allah dan Akhlak yang baik". Dan beliau pernah ditanya juga mengenai hal apa saja yang banyak menyebabkan manusia masuk ke neraka, maka beliau berkata "mulut dan kemaluan".

INTRO

   Dari hadits tersebut kita dapat mengetahui bahwasanya terdapat dua faktor terbesar yang menyebabkan banyak manusia masuk ke surga dan dua faktor yang menyebabkan banyak manusia masuk ke dalam neraka.

  • Faktor terbesar manusia masuk ke surga karena : bertakwa kepada Allah SWT dan akhlak yang baik.
  • Faktor terbesar manusia masuk ke neraka karena : mulut dan kemaluan.


Penjelasan 

  • Faktor terbesar manusia masuk ke surga


   Surga ialah dambaan dan impian setiap orang muslimin dan muslimat. Surga ialah tempat kenimatan bagi orang muslimin dan muslimat. Namun demikian masih banyak sekali orang muslimin dan muslimat gagal masuk ke surga karena faktor-faktor tertentu. Sedangkan ada juga yang belum mengetahui syarat dan ketentuan untuk masuk ke surga. Dalam keadaan inilah dimana peran ilmu mengenai islam sangatlah penting.
   Faktor yang paling banyak memasukan manusia ke dalam surga ialah bertakwa kepada Allah dan akhlak yang baik. Bertakwa pada Allah dan berakhlak baik ialah dua pondasi kebahagiaan dunia dan akhirat, karena takwa kepada Allah adalah mu'amalat yang baik dengan Allah SWT. Dan Akhlak yang baik adalah mu'amalat yang baik dengan sesama makhluk.

  • Faktor terbesar manusia masuk ke neraka


   Secara bahasa neraka berasal dari kata naar yang dalam bahasa Indonesia berarti Api. Sedangkan menurut istilah neraka berarti tempat yang digunakan sebagai balasan ataupun siksaan bagi orang yang berbuat dosa maupun kesalahan. 

   Adapun beberapa nama neraka yang disebutkan dalam Al Quran : 
An-Naar
Al-Jahannam
Al-Jahim
As-Sa’ir
As-Saqar
Al-Hawiyah
Al-Huthamah

   Adapun faktor terbesar yang mengakibatkan manusia masuk ke dalam neraka ialah mulut dan kemaluan. Maksud dari mulut dan kemaluan itu ialah mengikuti syahwat mulut dan kemaluan tanpa ajaran Islam yang haqq adalah asal muasal penderitaan di dunia akhirat.
   Dan oleh sebab itu terdapat kesimpulan bahwasanya seorang muslim wajib hukumnya menjaga mulut dan kemaluanya dari hal-hal yang haram dan berbau dosa.


Alhamdulillah, Demikianlah terkait "Hal-Hal Yang Paling Banyak Memasukan Manusia ke Surga dan Neraka". Semoga kita sebagai umat muslim dapat menuju ke dalam surga Allah yang penuh nikmat-Nya. Aaamiin

" وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ "

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »