3 Ciri - Ciri Orang Munafik dalam Hadits



" السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ "

Pengertian Munafik

   Secara terminologis (istilah) munafik berarti mengaku mengikuti ajaran agama namun hatinya ingkar.

Adapun hadits yang menerangkan mengenai 3 ciri - ciri orang munafik

   Menurut hadits shahih yang di riwayatkan oleh Bukhari dijelaskan bahwasanya orang munafik di dalam islam memiliki 3 ciri. 

آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلَاثٌ إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ وَإِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ


"Tanda-tanda orang munafik itu ada tiga. jika berbicara ia berbohong, jika berjanji ia ingkar, dan jika dipercaya ia berkhianat. (HR Bukhari)"

   Tererang jelas dalam hadits tersebut bahwasanya ciri - ciri tersebut ialah :
  • Apabila  ia berbicara ia berbohong
  • Apabila ia berjanji ia mengingkari
  • Apabila ia dipercaya ia berkhianat

Adapun penjelasan mengenai 3 tanda-tanda tersebut


  • Apabila  ia berbicara ia berbohong

   Salah satu ciri-ciri orang munafik yaitu apabila ia berbicara ia berbohong. Pengertian dari bohong ialah berbicara mengenai sesuatu namun tidak sesuai dengan kenyataan.
  Berbohong inilah yang sudah banyak terjadi di kalangan manusia dan bahkan umat muslim sekalipun. 
   Sedangkan berbohong dibedakan menjadi dua, yaitu berbohong yang dibolehkan dan berbohong yang dilarang. Berbong yang dilarang tentunya berbohong yang mengarah pada hal negatif. Sedangkan berbohong yang diperbolehkan tentunya yang mengarah pada positif.
   Contoh berbohong yang dibolehkan seperti :
  1. Berbohong untuk mendamaikan saudaranya
  2. Berbohong dalam keadaaan perang
  3. Berbohong dalam mengeratkan hubungan suami istri 

  • Apabila ia berjanji ia mengingkari

   Berjanji pada hakikatnya ialah tanggung jawab yang harus ditepati oleh si pembuat janji. Berjanji inilah yang merupakan kewajiban yang cukup berat. Hal ini dikarenakan apabila kita sudah berjanji maka hendaknya kita harus menepatinya. 
   Hal inilah juga yang biasanya menjadi penyakit bagi kamu muslimin, karena kebanyakan kaum muslimin dengan mudahnya mereka melontarkan janji namun mengingkari. Dan parahnya lagi kata-kata yang digunakan untuk membuat janji palsu adalah kata "Insya Allah"
    Oleh karena itu kita sebagai kaum muslimin hendaknya dapat menjaga diri kita untuk tidak banyak berjanji namun mengingkari, agar kita kaum muslimin tidak masuk kategori orang yang munafik.

  • Apabila ia dipercaya ia berkhianat


  Ciri orang munafik selanjutnya ialah apabila ia dipercaya ia berkhianat. Mendapat suatu kepercayaan hendaknya kita syukuri, karena mendapat suatu kepercayaan merupakan nikmat dari Allah SWT.
   Namun kita sebagai umat muslim hendaknya bila mendapat suatu kepercayaan tersebut kita harus melaksanakanya dengan penuh tanggung jawab. Oleh karena itu mendapat suatu kepercayaan juga merupakan suatu tanggung jawab yang cukup besar. Karena bila kita gagal menjalankan suatu kepercayaan itu dengan baik maka akan menyebabkan rasa kecewa di pihak lain (si orang yang percaya pada orang yang dipercaya).
    Dan hendaknya kita sebagai seorang muslimin menjauhi yang namanya berkhianat ketika mendapat kepercayaan. Agar kita terjauh dari ciri-ciri orang yang munafik.
   
Alhamdulillah, Demikianlah 3 Ciri - Ciri Orang Munafik dalam Hadits. Semoga kita tidak termasuk dalam ciri-ciri tersebut. Aaamiiin.
Saya memohon maaf apabila terdapatnya tutur kata yang kurang pas

" وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ "

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »